Jumat, 16 Januari 2009

Soal-Soal Latihan Bahasa Indonesia

Karena suatu hal, salah seorang smaboyers harus mengukuti remidi. Uniknya, remidinya bukan remidi biasa. Soalnya, remidinya diadakan bukan karena standar nilai, melainkan karena adanya jawaban soal pilihan ganda yang sama dari dua orang siswa (sialnya diriku karena dicontek tanpa sepengetahuanku). Akhirnya Mama memberi tugas kepada kita untuk membuat soal Bahasa Indonesia sebanyak 30 biji. Silakan dibaca....
Kalau ada kesalahan, mohon segera ber-komen-komen...

1. Pandangan mata yang baik saat membacakan berita adalah…
a. Memandang lurus ke kamera tanpa berkedip.
b. Memandang teks terus menerus agar tidak salah dalam mengucapkan kalimat.
c. Memandang ke kamera dengan santai, dan sekali-sekali memandang ke teks berita.
d. Memandangi rekan bila membaca berita disertai teman.
e. Berkali-kali berpindah posisi antara memandang kamera dan melihat teks.
Jawaban : C

2. Di bawah ini yang merupakan paragraf induktif adalah…
a. Warna juga membantu binatang untuk mengenali pasangan dan anak-anak mereka. Seekor burung betina, misalnya, dapat mengetahui apakah anak-anaknya perlu makan atau tidak dari warna mulut mereka yang menganga. Demikian pula, anak burung dapat mengenali ibunya dengan cara yang sama dan mengetahui bahwa makanan telah tersedia.
b. Kondisi pertama yang diperlukan untuk pembentukan warna adalah keberadaan cahaya (light). Cahaya dari matahari yang datang ke bumi harus memiliki panjang gelombang tertentu untuk menghasilkan warna. Cahaya juga harus memiliki intensitas yang cukup dan tidak berlebih agar dapat diterima mata dengan baik.
c. Seekor burung betina dapat mengetahui apakah anak-anaknya perlu makan atau tidak dari warna mulut mereka yang menganga. Demikian pula, anak burung dapat mengenali ibunya dengan cara yang sama dan mengetahui bahwa makanan telah tersedia. Sebagaimana yang terlihat dalam contoh-contoh di alam tersebut, makhluk hidup perlu memahami arti warna agar dapat mempertahankan hidupnya.
d. Cahaya yang melewati atmosfer disebarkan ke seluruh permukaan bumi, dan ketika mengenai objek, cahaya ini dipantulkan. Objek tempat cahaya jatuh harus dari jenis yang tidak menyerap cahaya, tetapi memantulkannya. Dengan kata lain, kualitas struktur objek harus selaras juga dengan cahaya yang mencapai bumi agar warna dapat terbentuk.
e. Meskipun matahari hanyalah bintang berukuran sedang di jagat raya, bagi manusia, ia tetaplah bintang paling penting di jagat raya. Yang menjadikan matahari bintang terpenting di jagat raya bagi kita adalah ukurannya, hubungannya dengan planet-planet yang bergerak mengelilinginya, dan sinar-sinar tertentu yang dipancarkannya.
Jawaban: C

Untuk soal no. 3 dan 4 perhatikan paragraf berikut.
Kamuflase adalah salah satu taktik pertahanan paling efektif yang digunakan oleh binatang. Binatang yang menyamarkan diri berada dalam perlindungan yang dibangun oleh struktur tubuhnya, yang diciptakan sangat selaras dengan habitatnya. Tubuh binatang-binatang ini begitu selaras dengan lingkungan mereka sehingga ketika melihat gambar mereka, hampir tidak mungkin Anda dapat menyatakan apakah mereka itu tanaman atau binatang, atau membedakan antara binatang dan tanaman dalam sebuah lingkungan yang sama.


3. Berdasarkan letak kalimat utama, paragraph di atas merupakan paragraf…
a. Induktif
b. Deduktif
c. Campuran
d. Naratif
e. Persuasif
Jawaban: B

4. Ide pokok dari paragraf di atas adalah…
a. Kamuflase adalah salah satu taktik pertahanan paling efektif yang digunakan oleh binatang.
b. Binatang menyamarkan diri dalam perlindungan.
c. Kita tidak dapat membedakan tanaman atau binatang yang berkamuflase.
d. Tubuh binatang begitu selaras dengan lingkungan.
e. Binatang sering berkamuflase.
Jawaban: A

5. Perhatikan paragraf berikut!
Kriptantus adalah tanaman tak berbatang. daun-daunnya saling bertumpuk mirip bintang laut dengan warna yang sangat beragam, mulai dari hijau, ungu hingga merah. Beberapa jenis memiliki garis putih melintang yang sangat nyaman diapandang.
Hal yang diulas dalam paragraf di atas adalah…
a. Tanaman kriptantus tidak berbatang
b. Tanaman kriptantus indah dipandang
c. Ciri-ciri tanaman kriptantus
d. Habitat tanaman kriptantus
e. Tanaman kriptantus berwarna-warni.
Jawaban: C

6. Yang bukan merupakan tujuan meresensi buku adalah…
a. Memberikan gambaran mengenai isi sebuah buku kepada pembaca.
b. Membantu pembaca untuk menilai, perlu tidaknya untuk membaca buku tertentu.
c. Memberikan informasi mengenai kelebihan dan kelemahan buku.
d. Sebagai pengantar apresiasi yang dapat menjadi pemandu bagi pembaca dalam menikmati novel.
e. Sarana untuk mempromosikan buku baru.
Jawaban: E

7. Hal yang tidak perlu dibahas dalam meresensi buku cerita adalah…
a. Tema cerita
b. Gaya bahasa yang digunakan.
c. Kesesuaian cerita dengan umur pembaca.
d. Kesesuaian harga buku cerita dengan tingkat ekonomi masyarakat.
e. Kewajaran alur dalam cerita.
Jawaban: D

8. Perhatikan ulasan di bawah ini
Agatha Christie dikenal di seluruh dunia sebagai ratu kejahatan. Novel detektifnya yang berjumlah tujuh puluh enam buah dan buku-buku ceritanya telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia. Dia mulai menulis sesudah berakhirnya perang dunia pertama. Tokoh pertama ciptaannya adalah Hercule Poirot, seorang detektif Belgia bertubuh kecil dengan wajah bulat telur dan menyukai hal-hal yang teratur. Selain itu, ia juga membuat serial detektif yang mengisahkan kehidupan Miss Marple, seorang perempuan tua yang menjadi detektif tak resmi. Buku terakhir karyanya adalah serial Poirot yang berjudul Curtain: Poirot’s Last Case. Buku tersebut ditulisnya pada tahun 1975, sebelum ia meninggal pada tahun 1976.
Hal yang dibahas pada penggalan resensi di atas adalah…
a. kunggulan buku
b. kelemahan buku
c. bahasa
d. isi buku
e. kepengarangan
Jawaban: E

9. Yang merupakan ciri-ciri hikayat adalah…
a. Cerita berpusat pada kehidupan istana, raja, atau bangsawan.
b. Menggunakan bahasa Melayu Kuno.
c. Sering dijumpai istilah Arab
d. Terikat oleh adat istiadat
e. Benar semua.
Jawaban: E

Untuk soal no. 10-12, perhatikan penggalan cerita berikut ini!
Baik Hati pun pergi ke sebidang tanah tandus itu sambil membawa bibit semangka dan kuda pincang yang menjadi bagiannya. Meskipun mendapat warisan yang kurang menguntungkan, Baik Hati tidak putus asa. Ia langsung menanami lahan tandus itu dengan bibit semangka.
Kuda pincang yang ia tambatkan di pohon membuang kotoran sembarangan. Namun baik hati tidak marah. Ia malah mengumpulkan kotoran itu dan menjadikannya pupuk.

10. Dari kutipan cerita di atas, Baik Hati memiliki sifat-sifat berikut ini, kecuali…
a. sabar
b. suka menolong
c. kreatif
d. rajin
e. tidak mudah putus asa
Jawaban: B

11. Sudut pandang pada cuplikan cerita di atas adalah…
a. Orang pertama tokoh utama
b. Orang pertama sebagai pengamat
c. Orang kedua
d. Orang pertama dan orang ketiga
e. Orang ketiga yang serba tahu
Jawaban: E

12. Pedeskripsian watak tokoh yang digunakan pengarang dalam kutipan tersebut adalah…
a. Melalui pembicaraan dengan tkoh lain
b. Melukiskan jalan pikiran tokoh
c. Reaksi tokoh terhadap suatu kejadian
d. Melukiskan keadaan sekitar pelaku
e. Langsung menganalisis watak tokoh
Jawaban: C

Untuk soal no. 13-15, perhatikan keterangan berikut ini!
Lina mengutip pendapat pada sebuah buku yang berjudul Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah karya Fransisca Wungu Prasasti yang diterbitkan oleh percetakan Gramedia di Jakarta pada tahun 2008. Pendapat yang dikutip oleh Lina terdapat pada halaman 19 dan berbunyi sebagai berikut. “Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air.”

13. Lina hendak memasukkan kutipan tersebut ke dalam karya tulis yang dibuatnya, penulisan kutipan langsung yang paling tepat adalah…
a. Menurut Fransisca (2008:19), tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air.
b. Menurut Prasasti (2008:19), tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air.
c. Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air (Prasasti, 2008:19)..
d. “Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air” (Fransisca, 2008:19).
e. “Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air” (Prasasti, 2008:19).
Jawaban: E

14. Lina berkeinginan untuk mencantumkan identitas buku yang ia kutip dalam catatan kaki, penulisn catatan kaki yang benar adalah…

a. 1 Fransisca Wungu Prasasti, “Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah” (Jakarta:Gramedia, 2008), hlm.19.
b. 1 Fransisca Wungu Prasasti, Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah (Jakarta:Gramedia, 2008), hlm.19.
c. 1 Fransisca Wungu Prasasti, Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah (Jakarta:Gramedia, 2008), hlm.19.
d. 1 Prasasti, Wungu Fransiska, Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah (Jakarta:Gramedia, 2008), hlm.19.
e. 1 Prasasti, Wungu Fransiska, Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah (Jakarta:Gramedia, 2008), hlm.19.
Jawaban: B

15. Bila Lina hendak mencantumkan identitas buku tempat ia mengutip pada daftar pustaka, penulisan daftar pustaka yang benar adalah…
a. Fransisca Wungu Prasasti. 2008. Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah. Jakarta: Gramedia.
b. Fransisca Wungu Prasasti. 2008. Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah. Jakarta: Gramedia.
c. Prasasti, Fransisca Wungu. 2008. Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah. Jakarta: Gramedia.
d. Prasasti, Fransisca Wungu. 2008. Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah. Jakarta: Gramedia.
e. Prasasti, Fransisca Wungu. 2008. “Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah.” Jakarta: Gramedia.
Jawaban: C

16. Lina mendapatkan bahan acuan untuk karya tulisnya sebagai berikut ini.
1) Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah karya Fransisca Wungu Prasasti, diterbitkan di Jakarta oleh Gramedia pada tahun 2008.
2) Bercocoktanam Tanpa Tanah karya Garsinia Lestari, diterbitkan di Bandung oleh Prima Media pada tahun 2005.
3) Bertanam Sayur Dalam Pot karya Garsini Lestari, diterbitkan di Bandung oleh Prima Media pada tahun 2008.
4) Teknik Hidroponik karya Ira Puspa Kencana, diterbitkan di Jakarta oleh Gramedia pada tahun 2007.
Lina hendak memasukkan seluruh bahan acuannya ke dalam daftar pustaka. Maka urutan bahan acuan yang tepat adalah…
a. 2, 3, 1, 4
b. 1, 2, 3, 4
c. 4, 2, 3, 1
d. 4, 3, 2, 1
e. 2, 4, 3, 1
Jawaban: C

17. Yang bukan merupakan persiapan wawancara adalah…
a. Menentukan topik wawancara
b. Menghubungi narasumber
c. Mempersiapkan daftar pertanyaan
d. Melatih ekspresi wajah
e. Mempelajari masalah yang berkaitan dengan topik wawancara
Jawaban: D

18. Pertanyaan yang kurang tepat untuk diajukan pada seorang pedagang buah-buahan di pasar tradisional untuk mengetahui kondisi ekonominya adalah…
a. Buah jenis apa saja yang ibu jual?
b. Banyakkah pembeli yang membeli buah di tempat ibu?
c. Berapa penghasilan ibu setiap hari?
d. Pukul berapa pasar ini buka dan tutup?
e. Seringkah mengalami kerugian?
Jawaban: D

19. Parsel tanaman hidup lebih tahan lama daripada parsel buah-buahan, bunga, atau makanan kaleng.
Pertanyaan yang sesuai untuk jawaban di atas adalah…
a. Apa yang dimaksud parsel tanaman hidup?
b. Dimana dapat membeli parsel tanaman hidup?
c. Apa fungsi pemberian parsel tanaman hidup?
d. Bagaimana membuat parsel tanaman hidup?
e. Apa kelebihan dari parsel tanaman hidup?
Jawaban: E

Untuk soal no. 20-22, perhatikan bagian-bagian surat perjanjian jual beli di bawah ini!
1) Tempat dan tanggal pembuatan
2) Identitas kedua belah pihak
3) Tanda tangan dan nama lengkap kedua belah pihak
4) Pasal-pasal transaksi
5) Tanda tangan dan nama lengkap kedua saksi
6) Judul surat

20. Bagian-bagian surat perjanjian jual beli sesuai urutan yang benar adalah…
a. 6, 1, 2, 3, 4, 5
b. 6, 1, 4, 2, 3, 5
c. 6, 2, 1, 4, 3, 5
d. 6, 2, 4, 1, 3, 5
e. 6, 2, 4, 3, 1, 5
Jawaban: D

21. Cara pembayaran yang harus dilakukan oleh pihak kedua tercantum pada nomor…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jawaban: D

22. Cara penyelesaian sengketa yang terjadi antara kedua belah pihak tercantum pada nomor…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jawaban: D

23. Hal yang perlu diulas dalam proposal pada bagian dasar pemikiran adalah…
a. Manfaat yang dapat diperoleh melalui kegiatan
b. Alasan-alasan pentingnya untuk melakukan suatu kegiatan
c. Hasil yang diperoleh lewat terlaksananya suatu kegiatan
d. Perencanaan jadwal kegiatan
e. Pihak-pihak yang mendapatakan manfaat dari kegiatan
Jawaban: B

24. Hal yang tercantum dalam ruang lingkup proposal adalah…
a. Pihak yang bisa memperoleh manfaat dari kegiatan
b. Pihak penyelenggara kegiatan
c. Pihak pendukung kegiatan
d. Pihak sponsor
e. Pihak penanggungjawab kegiatan
Jawaban: A

Untuk soal no. 25-30, perhatikan cuplikan naskah drama di bawah ini

Suasana masih sepi. Matahari bersinar cerah. Ana dan Yanti duduk-duduk di bawah pohon bogenvil yang sedang berbunga. Keasyikan mereka saat menggosip terganggu ketika Santi tiba.
Santi : (berkacak pinggang sambil menuding Yanti) Eh, maksud kamu apa, naruh bangkai kecoa di bangkuku?
Ana : (melongo)
Yanti : Lho? Aku nggak ngapa-apain kok. Aku dari tadi cuma ngobrol sama Lina di sini. Ngapain juga repot-repot nyari kecoak. Nggak penting banget.
Santi : Eh, tapi nyatanya ada kecoak di bangkuku.
Yanti : Kamu kok nuduh aku gitu?
Santi : Tadi Anita bilang, dia lihat kamu bawa sesuatu ke bangkuku.
Yanti : (berdiri) Tapi, kan, belum tentu yang Anita lihat, tuh, aku.
Ana : Bicaranya jangan keras-keras, malu dilihat anak-anak yang lewat.
Santi : Yanti, elo keras kepala banget, sih. Dari tadi nggak mau ngaku.
Yanti : Tapi aku…
Ana : (berdiri diantara Yanti dan Santi) Sudah. Yanti, nggak usah banyak bicara lagi. Santi, cepat panggil Anita ke sini. Biar dia yang ngejelasin semuanya.
Dengan wajah cemberut, Santi pun pergi untuk memanggil Anita.

25. Berdasarkan penggalan naskah di atas, Yanti bersifat…
a. Sabar
b. Pendiam
c. Mudah tersinggung
d. Pendendam
e. Pemalu
Jawaban: C

26. Latar tempat pada cuplikan naskah di atas adalah…
a. Ruang kelas
b. Pekarangan rumah
c. Halaman sekolah
d. Taman kota
e. Kebun bunga
Jawaban: C

27. Latar waktu yang sesuai untuk penggalan cerita tersebut adalah…
a. Pagi hari, sebelum bel masuk berbunyi
b. Pagi hari, setelah bel masuk berbunyi
c. Siang hari, waktu istirahat
d. Siang hari, pulang sekolah
e. Siang menjelang sore
Jawaban: A

28. Berdasarkan penggalan naskah di atas, Yanti dan Santi…
a. Merupakah sahabat dekat
b. Saling memusuhi
c. Kurang akrab
d. Suka menolong satu sama lain
e. Saling dendam
Jawaban: C

29. Yang menjadi tokoh tritagonis pada penggalan naskah di atas…
a. Yanti
b. Santi
c. Ana
d. Yanti dan Santi
e. Yanti, Santi dan Ana
Jawaban: C

30. Suasana yang terbentuk ada penggalan naskah di atas…
a. Seram
b. Tegang
c. Ramai
d. Hening
e. Mencekam
Jawaban: B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar