Rabu, 21 Januari 2009

Paradoks

Apa ya paradoks itu?

Paradoks adalah sebuah pernyataan aneh atau ganjil yang muncul untuk menyangkal ( mengkontradiksi) pernyataan itu sendiri. Ungkapan seperti ” pernyataan itu adalah salah” merupakan sebuah contoh dari paradoks. Banyak paradoks yang muncul di masa lalu, seperti paradoks Zeno tentang atlet dan kura-kura, yang telah memberikan penyelesaian kembali tentang bagaimana caranya orang-orang untuk memperoleh sebuah pemahaman yang lebih baik tentang sains dan matematika. Sebagian kecil, tidak tergantung pada berapa banyak yang kita ketahui, tetapi bergantung pada hasil dari ketidakkonsistenan dalam sistem logika yang kita pakai.

Paradoks Russel adalah sebuah contoh dari suatu paradoks yang dihasilkan dari sistem logika yang kita gunakan secara alamiah, paradoks ini sangat sulit untuk dijelaskan di dalam ruang lingkup matematika, tetapi dapat digambarkan dengan seorang tukang cukur rambut sebagai contohnya. Bayangkan bahwa seorang tukang cukur rambut hanya bisa mencukur rambut orang lain dengan baik, sementara ia tidak bisa memotong dengan baik rambutnya sendiri. Lalu, siapa yang akan memotong rambut tukang cukur tadi dengan baik?

Pernyataan-Pernyataan yang Bersifat Paradoks

”Naskah-naskah yang paling banyak dikoreksi umumnya menjadi naskah-naskah yang paling tidak betul,” ( Francis Bacon )

” Semua hewan adalah sama, tetapi beberapa di antaranya lebih sama dibandingkan yang lainnya.” ( George Orwell, Animal farm )

”Aku berkata kebenaran saat aku katakan aku seorang pendusta.” ( Anon )

”Kurang itulah Lebih.” ( Anon )




From : Ensiklopedia Matematika dan Kehidupan Sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar