Sabtu, 17 Januari 2009

Apakah Nol Itu?

Nol..Nol...Kata ini emang tidak asing lagi. But, pernahkah kalian berpikir apa sih nol itu?? Bagaimana asal muasal penemuan nol?
Kata “zero” atau nol ternyata berasal dari bahasa Latin zephirum yang berarti kosong atau hampa. Sedangkan simbol “0” yang udah akarab dengan kita ini berasal dari India. Pada tahun 830 M Al-Khwarizmi menjelaskan sistem dari angka India termasuk kegunaan dari nol, tetapi belumlah digunakan di Barat sampai 400 tahun kemudian. Nol terus menerus menjadi suatu teka-teki bagi para sarjana pada masa itu. Apakah nol merupakan sebuah bilangan atau hanya digit? Jika tidak masuk dalam kategori keduanya, maka tidak ada artinya dan untuk apa disertakan? Leonardo dari Pisa, Fibonacci ( 1180 – 1250), dalam bukunya Liber Abaci, menjelaskan hal hal tersebut. Ia mengatakan bahwa nol dapat digunakan sebagai suatu ”place holder” (penentu tempat) yang memisahkan kolom-kolom dalam gambar-gambar. Atau bisa juga mewakili sebuah posisi dalam suatu skala. Dalam skala-skala suhu, nol derajat merupakan suatu hal yang jelas, tidak berarti bahwa ”tidak ada suhu”.

Berhitung dengan nol (0)

Penambahan dengan 0
Bilangan tidak berubah

Contoh : 5 + 0 = 5

Pengurangan dengan 0
Bilangan tidak berubah

Contoh : 5 – 0 = 5

Perkalian dengan 0
Mengalikan suatu bilangan dengan 0 maka hasilnya akan selalu 0

Contoh : 5 x 0 = 0

Pembagian dengan 0
Dengan menggunakan kalkulator, jika kita membagi sebuah bilangan dengan 0, maka hasilnya akan selalu error. Karena 0 merupakan satu-satunya bilangan dimana operasi pembagian menjadi tidak masuk akal

Contoh : 5 : 0 = ERROR

Nah, kalau sudah membaca tulisan di atas. Menurut kalian, nol dibagi dengan nol akan menghasilkan bilangan apa?

2 komentar:

  1. WOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOW
    It's so unique.
    Zangat Antique.
    Apalagi aq chantique.
    Ada yang lainnya, nggak?

    BalasHapus
  2. Hoii..
    Menurudmuu..
    0 dibagi sama nol ituwh hasilnya berappa??
    Penasaran niy..
    Hasil ntu...
    1 atau 0 atau malah ngga didefinisikan???

    BalasHapus